Pertamina Temukan Cadangan Migas di Perairan Utara Jawa

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan subholding hulu Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) untuk mencari cadangan migas dari pengeboran sumur eksplorasi GQX-1 di perairan Jawa Utara.

Sumur eksplorasi GQX-1 terletak sekitar 17 km dari fasilitas produksi lapangan MM yang ada. Lubang GQX-1, yang dibor pada akhir April 2022, mencapai kedalaman akhir 2.958 kaki Measured Depth (ftMD) pada pertengahan Mei 2022.

Lubang ini berhasil menemukan minyak dan gas dengan uji batang bor #1 (DST) yang dilakukan di reservoir batupasir laut formasi utama dangkal.

Berdasarkan hasil uji kandungan lapisan pertama, laju aliran gas adalah 3,6 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan 108 barel l per hari (BOPD). Selain itu, Second Layer Content Test/DST#2 akan dilakukan pada interval 2494-2519 ftMD pada layer MR-26,” kata Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) – Subholding Hulu, Medy Kurniawan, Kamis ( 6.2.2022).

Medy menyatakan penemuan cadangan dari lubang GQX-1 ini melengkapi penemuan cadangan sebelumnya yang sukses pada tahun 2022, yaitu lubang Sungai Gelam Timur-1 (SGET-1) di Jambi-001 di Mahakampatu -1X di Sumatera Selatan.

Pada tahun 2021 Upstream Subholding Ice Bracelet untuk mengebor 12 sumur eksplorasi.

Pada 2022, Subholding Hulu menargetkan peningkatan kinerja melalui rencana kerja pemboran eksplorasi yang agresif sebanyak 29 sumur atau 242 persen dibandingkan realisasi 2021.

Dalam strategi eksplorasi, Upstream Subholding memiliki tiga inisiatif utama. Tiga strategi utama tersebut meliputi, namun tidak terbatas pada, aset wilayah kerja (WK) eksisting yang memerlukan kontribusi eksplorasi untuk menopang dan meningkatkan produksi migas yang ada.

Selain itu, Pertaminas Upstream Subholding sedang mencari potensi eksplorasi baru sebagai bagian dari strategi New Ventures.

Kemudian strategi kemitraan untuk risk and cost sharing serta alih teknologi dan pengetahuan melalui percepatan kerjasama nasional dan internasional serta proses tender bersama.

Sub-holding Pertamina Hulu akan terus mengembangkan pengelolaan operasi domestik dan luar negeri yang profesional untuk mencapai tujuan menjadi perusahaan migas kelas dunia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.