Menteri Bahlil: Masa Depan Ekonomi Indonesia Ada di Luar Jawa

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan masa depan ekonomi Indonesia akan tumbuh di luar Jawa. Hal ini tercermin dari sebaran realisasi investasi di luar Pulau Jawa yang perkembangannya kini melampaui Pulau Jawa.

Apa artinya? Pemerataan pertumbuhan sebagai bagian dari penciptaan kawasan ekonomi baru telah dimulai. Jadi masa depan perekonomian negara tidak terletak di Jawa, tetapi di Sumatera, Maluku, Papua, Sulawesi atau Kalimantan,” katanya di Forum Tokoh Muda Indonesia HIPMI, Jakarta, Sabtu (6 November 2022).

Mantan Ketua Umum HIPMI 2015-2019 ini mengatakan, sebelumnya kedua pengusaha lokal itu memprioritaskan investasi di Pulau Jawa. Pasalnya, ketersediaan infrastruktur dinilai lebih lengkap dan sumber daya manusianya lebih mumpuni dibandingkan di luar Jawa.

Namun, saat ini banyak investor yang menanamkan modalnya di luar Jawa. Karena pemerintah terus membuka tutup infrastruktur besar-besaran. Secara kronis dalam catatannya, realisasi investasi dari Q3 2020 hingga Q1 2022 lebih tinggi di luar Jawa daripada di Jawa.

Menurut data terakhir Kementerian Penanaman Modal, realisasi investasi triwulan I 2022 di luar Jawa mencapai Rp 148,7 miliar, sedangkan di Pulau Jawa sebesar Rp 133 miliar. Artinya, investasi di luar Jawa menyumbang 52,7 persen dari total investasi pada triwulan I 2022.

Bahlil juga mengatakan target investasi pemerintah pada 2022 adalah Rp 1.200 miliar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.