Kemenko Perekonomian: Pelemahan Kurs Rupiah Menguntungkan Ekspor!

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian memandang ada peluang di tengah pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Salah satunya bisa memperkuat nilai ekspor Indonesia.

Untuk diketahui, nilai tukar Rupiah mengalami pelemahan ke posisi Rp15.684 per USD pada penutupan Jumat, 18 November 2022 sore.

Deputi I Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan, pelemahan Rupiah bisa dilihat dari sisi positifnya. Mengingat, Indonesia kini jadi salah satu pemain ekspor untuk bahan tambang yang telah dihilirisasi.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Kalau kita lihat, nilai tukar yang terdepresaisi itu (hal) penting, jangan defend terus, sisi positifnya dilihat, jangan negatifnya saja,” ungkapnya dalam Inspirato Sharing Session Liputan6.com bertajuk Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi RI di Tengah Bayangan Resesi, Jumat (16/11).

Menurutnya, hilirisasi tambang yang dilakukan oleh Indonesia jadi penggerak nilai positif dari depresiasi tersebut. Logikanya, dengan adanya hilirisasi, berarti ada nilai tambah yang didapatkan seiring dengan porsi ekspor tambang Indonesia ke negara-negara lain.

“(Nilai tukar) mendorong daya saing ekspor kita, di tengah Indonesia yang melakukan hilirasi yang dampaknya sudah kita rasakan, nilai tambah berkali lipat,” terangnya.

Sebagai contoh saja, komoditas nikel dan turunannya yang mampu menghasilkan 4,8 kali lebih besar pendapatan. Angka ini masuk catatan Iskandar per September 2022. “Dengan depresiasi tadi maka ekspor kita meningkat, (disaat yang sama) ita bisa ngerem impor kita,” ujarnya.

Penyerapan Produk Lokal

Peluang lainnya, Iskandar melihat pada saat yang sama Indonesia bisa mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri. Artinya tidak bergantung pada produk impor, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih luas.

“Salah satu cara melakukan smoothing di ekonomi kita supaya tidak konsumsi berlebihan, itu mekanisme nilai tukar, jangan di defend berlebihan, karena justru mendorong ekonomi kita berbasis ekonomi domestik tadi,” bebernya.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Guna menekan impor sendiri, Iskandar melihat ada peluang berbarengan dengan hilirisasi. Misalnya dengan menggenjot sejumlah sektor yang masih bergantung pada impor dengan pemenuhan dari dalam negeri.

“Kita bisa memproduksi bahan baku tadi yang sudah kita mulai hilirisasi,” katanya.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *