Kekayaan Sandiaga Uno Berkurang Rp679 Miliar dalam Sehari, Ini Penyebabnya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terpantau diperdagangkan di zona merah pada Senin (5/9/2022) menunjukkan dampak dari berbagai faktor di dalam dan luar negeri terkait dengan perang Ukraina, termasuk dua ketegangan Rusia melaporkan titik penurunan. menemukan kedamaian.

IHSG sempat jatuh ke level 6.897 sebelum akhirnya menutup sesi kedua di level 6.909,75, turun 4,42% atau 319,16 poin. Padahal, pasar baru saja kembali beroperasi setelah libur panjang lebaran.

Dalam sehari, diperkirakan nilai perdagangan AKAN turun menjadi Rs 15 miliar dan aktivitas perdagangan saham AKAN mencapai 15 kuadriliun dengan jutaan transaksi.

Tidak hanya investor ritel, tetapi juga pengusaha terkemuka dipengaruhi oleh pasar yang sangat kompetitif saat ini. Kekayaannya bahkan menyusut menjadi miliaran sebagai hasilnya.

Salah satunya Menteri Pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno, yang berbisnis dengan Edwin Soeryadjaya. Penerbit investasinya, Saratoga Investama Sedaya (SRTG), diperkirakan kehilangan modalisasi pasar sebesar Rs 1,90 miliar.

Selain itu, duo bisnis tersebut juga kehilangan modalisasi pasar dengan emiten Merdeka Copper Gold (MDKA) sebesar Rs 7,23 miliar. MDKA dikenal sebagai salah satu emiten pertambangan pengendali Grup Saratoga

Saratoga secara kolektif memiliki 17,38% saham MDKA, sementara Sandiaga Uno dan Edwin masing-masing memiliki 21,51% ($2,92 miliar) dan 33,10% ($4,49 miliar) saham SRTG.

Dengan kepemilikan saham tersebut, diperkirakan aset Sandiaga Uno akan menguap sekitar Rp 679 miliar dalam satu hari akibat pasar yang negatif hari ini. Sedangkan kekayaan bersih Edwin minus Rp 1,04 miliar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.